Senin, 22 November 2010

BENTUKLAHAN


Bentuklahan atau landform adalah suatu bentukan alam yang terdapat di permukaan bumi pada khususnya di daratan yang terjadi karena adanya proses pembentukan tertentu dan melalui serangkaian proses evolusi tertentu juga (Marsoedi, 1996). Bentuklahan merupakan suatu kenampakan fisik/medan yang terbentuk karena suatu proses alami, memiliki beberapa komposisi tertentu dan karakteristik fisikal dan visual dengan julat tertentu yang terjadi dimanapun bentuklahan tersebut berada, jelas (Sukmantalya, 1995).  (Gunadi, 1991) berpendapat bahwa ada suatu hubungan dengan data bentuklahan, tanah, hidrologi, dan sebagainya, sehingga dapat merumuskan alternatif – alternatif  dan strategi pengembangan untuk perencanaan suatu penggunaan lahan. Sedangkan (Way, 1993 dan Zuidam, 1979) berpendapat lain lagi, menurut mereka bentuklahan adalah suatu kenampakan medan yang terbentuk karena adanya proses alami yang memiliki suatu susunan tertentu dan julat suatu karakteristik fisik dan visual dimana bentuklahan tersebut terbentuk.   
Adanya beberapa factor geomorfologi mayor yang dapat berpengaruh dalam pengembangan suatu lahan yaitu bentuklahan, proses geomorfologis dan suatu kondisi tahan dikemukakan oleh (Verstappen, 1983). Dijelaskan juga bahwa bentuklahan mencakup seperti kemiringan lahan, proses geomorfologi : mencakup banjir, tanah longsor dan bahaya yang terjadi karena proses alam yang menyebabkan suatu bencana, sedangkan mengenai kondisi tanah, antara lain mencakup kedalaman batuan dari suatu proses pelapukan material. Karakteristik geomorfologis dalam hal ini merupakan suatu bentuk lahan/medan yang dapat memberikan informasi yang dapat menentukan dalam pemanfaatan penggunaan lahan suatu daerah tertentu. Maka daripada itu, bentuk lahan harus menjadi suatu perhatian yang serius dalam rangka untuk penggunaan lahan pada suatu daerah supaya mewujudkan penggunan lahan yang dapat memberikan rasa nyaman terlepas dari ancaman suatu bencana.
            Bentuklahan itu sendiri diklasifikasikan ada 8 jenis bentuklahan berdasarkan proses pembentukannya. Bentuklahan tersebut adalah :
1.      Bentuklahan Asal Struktural
      Bentuklahan struktural terbentuk karena adanya suatu proses endogen atau proses tektonik yang berupa proses pengangkatan, proses perlipatan serta proses pensesaran/terbelah.
2.      Bentuklahan Asal Vulkanik
      Bentuklahan vulkanik terbentuk karena adanya suatu proses vulkanisme yaitu naiknya magma ke permukaan bumi sehingga material dari magma yang keluar tersebut membentuk suatu bentuklahan baru.


3.      Bentuklahan Asal Fluvial
      Bentuklahan fluvial terbentuk karena adanya kaitan erat dengan aktivitas sungai dan air permukaan. Adanya proses pengikisan, pengangkutan dan jenis buangan pada daerah dataran rendah seperti daerah lembah, ledok dan dataran alluvial.
4.      Bentuklahan Asal Marine
      Bentuklahan marine terjadi karena adanya aktifitas abrasi, sedimentasi, pasang-surut dan dan pertemuan terumbu karang. Selain itu ada proses lain yang kemungkinan membentuk bentuklahan ini yaitu aktifitas masa lampau seperti aktifitas tektonik masa lalu berupa gunung api, perubahan muka air laut (transgresi/regresi) dan litologi penyusun.
5.      Bentuklahan Asal Solusional/Karst
Bentuklahan solusional atau biasa disebut kars ini terjadi karena adanya proses pelarutan pada suatu batuan yang mudah unutk larut jika terkena air. Kelarutan batuan dibentuklahan ini cukup tinggi, selain itu karakteristik relief dan drainase dari bentuklahan solusional/karst sangat khas dibandingkan dengan bentuklahan yang lain.
6.      Bentuklahan Asal Glasial
      Bentuklahan glacial terjadi karena adanya aktifitas es/gletser yang menghasilkan suatu bentang alam.
7.   Bentuklahan Asal Aeolin
      Bentuklahan Aeolin terjadi karena adanya gerakan udara atau angin sehingga membentuk suatu medan yang khas dan berbeda dari bentuklahan lainnya. Endapan angin yang terbentuk oleh pengikisan, pengangkatan dan pengendapan material dilepas oleh angin sehingga menghasilkan suatu bentuklahan berupa gundukan.
8.   Bentuklahan Asal Denudasioanal
      Bentuklahan denudasional merupakan bentuklahan yang terjadi akibat proses pelapukan gerakan tanah/erosi dan kemudian dikhiri oleh proses pengendapan.
Ini murni saya harus ngedit kata per katanya ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Maha Guru "BENDAN"

Assalamualaikum :)   Sudah lama yak gak kunjung blog ini huft sibuk sih .... Oke setelah selama sebulan berkutat dengan PEMIRA UGM 2011 ...