Jumat, 07 Januari 2011

Halo Matahari ....

Humpp..... telat deh entrinya gara2 pulsa modem abiz .... tp gpp deh daripada tidak sama sekali ,,,,???
Yuks ... sebenarnya banyak cerita yg mau di entri tp bingung yang mana ni yg mau di entri dulu ..... Berhubung kejadiaannya baru kemaren2 ajja di entri dulu deh .... 
Selasa 6 Januari 2010 ets uda ganti ding 2011 sekitar jam 11:00 WIB, setelah keluar dari poli penyakit dalam Rs. Sardjito lantai 4 (maklum kudu kontrol abis masuk UGD gara2 ngempet pipis) muter2 nyariin yang namanya apotek di sekitar RS tersebut. Pas jalan keluar lift di lantai dasar, eh liat DM2  pada motret2 ke atas pke HPnya .... weiisst uda keren2 ternyata klo liad begonoan tetep aja ya tertarik .... :p ... Subhanallah setelah ane mengangak ke atas apa yang terjadi ???? yapz terjadi yang namanya Halo MAtahari .... Sungguh salah satu kejadian alam buatan Allah yang sunguh indah ... meski dengan silau2 ... ane tetep mencoba mengabadikan ni peristiwa ... alhamdulillah dapet 4 jepretan yah hasilnya cukup lumyan kok jepretan HP ane .... ni ada pengertian Halo MAtahari sumbernya ANTARA ... ntar diselipin juga deh ama poto2 jepretan ane 
Met Membaca ya ..... jangan lupa comentnya ,,,,, :)

Peneliti: Halo Matahari Bukan Pertanda Bencana

Yogyakarta (ANTARA) - Halo matahari adalah fenomena yang biasa terjadi, dan bukan pertanda akan terjadi bencana alam, kata peneliti Pusat Studi Bencana Alam Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Sudibyakto.
"Fenomena pelangi mengelilingi matahari itu tidak ada kaitannya dengan peristiwa bencana alam seperti gempa bumi," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Halo yang terlihat melingkari matahari tersebut merupakan hasil pembelokan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer. Halo terbentuk karena dispersi butir-butir es atau air pada awan sirrus oleh sinar ultraviolet.
"Pada saat musim hujan, partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya matahari," katanya.
Ia mengatakan berhubung terjadi pada siang, saat posisi matahari sedang berada tegak lurus terhadap bumi, maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil.
"Itu sebabnya yang tampak di mata masyarakat yang kebetulan menyaksikannya adalah lingkaran gelap di sekeliling matahari," katanya.
Menurut dia, Halo matahari sebenarnya sama dengan proses terbentuknya pelangi pada pagi atau sore setelah hujan. Lengkungan pelangi sering terlihat di bagian bawah cakrawala karena partikel uap air yang membelokkan cahaya matahari berkumpul di bagian bawah atmosfer.
"Di sisi lain, pada pagi atau sore matahari pun masih berada pada sudut yang rendah. Pada posisi yang miring itu kemampuan partikel air membiaskan cahaya lebih besar, sehingga warna-warna yang muncul juga lebih lengkap," katanya.
Ia mengatakan pada siang saat matahari pada posisi tegak lurus terhadap bumi, kemampuan pembelokan cahaya menjadi rendah sehingga warna yang terlihat sangat terbatas.
"Warnanya terlihat gelap, karena pandangan ke arah matahari juga terhalang debu, sedangkan pada pagi saat udara masih bersih, yang tampak adalah warna kemerahan," katanya.
Fenomena Halo matahari terlihat begitu jelas di langit Yogyakarta, Selasa sekitar pukul 10.15 WIB hingga 11.15 WIB. Fenomena itu langsung menarik perhatian warga.




INI YANG PALING BAGUS JEPRETNYA
gmana uda jelas dong apa itu Halo MAtahari ???? oke cukup sekian post entry saya kali ini ...
Arigatou .... jangan lupa di coment ya .... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Maha Guru "BENDAN"

Assalamualaikum :)   Sudah lama yak gak kunjung blog ini huft sibuk sih .... Oke setelah selama sebulan berkutat dengan PEMIRA UGM 2011 ...